photo lineviral_1.png

Pengertian Kebudayaan Berdasarkan Beberapa Ahli

Pengertian Kebudayaan Menurut Beberapa Ahli Setiap masyarakat memiliki kebudayaan dan setiap kebudayaan yang ada didunia memiliki bentuk yang berbeda-beda, kebudayaan beberapa suku di Indonesia bab barat niscaya berbeda dengan kebudayaan beberapa suku di Indonesia bab timur. Lalu, apa itu kebudayaan?

Kebudayaan atau budaya berasal dari bahasa Sansekerta budayyah yang artinya akan atau budi. Dalam Bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture yang berasal dari kata colere yang artinya mengolah atau mengerjakan. Jadi, kebudayaan ialah segala akan insan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Berikut ini pengertian kebudayaan berdasarkan beberapa sangat menguasai.

1. Koentjaraningrat (1990)


Kebudayaan ialah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya insan dalam kehidupan masyarakat yang dijadikan milik dari insan dengan belajar.

2. E.B. Taylor (1871)
Kebudayaan ialah keseuruhan yang kompleks termasuk didalamnya ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, tabiat istiadat, dan kemampuan lainnya, serta kudang kecepeasaan yang didapatkan insan sebagai anggota masyarakat.

3. Douglas Jackson (1985)
Kebudayaan ialah akumulasi pengalaman insan yang ditransmisikan dari generasi ke generasi dan difungsikan dari satu kelompok ke kelompok lainnya di permukaan bumi.

4. Spuhler (1965)
Kebudayaan ialah penyesuaian biologis yang ditransmisikan secara nongenetik.


5. Kluckhohn dan Kelly (1945)
Kebudayaan ialah tiruana rencana hidup yang tercipta secara historis baik eksplisit maupun implisit, rasional, dan irrasional yang ada pada suatu waktu sebagai anutan sikap manusia.

6. Ralph Linton (1940)
Kebudayaan ialah sejumlah pengetahuan, sikap, dan kudang kecepeasaan berperilaku yang berpola dan dimiliki serta diwariskan oleh antaranggota suatu masyarakat.

7. Selo Soemardjan (1964)
Kebudayaan ialah hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Itulah pengertian kebudayaan berdasarkan beberapa sangat menguasai, coba teman-teman simpulkan dari beberapa pendapat diatas tetang pengertian kebudayaan, bagaimana pengertian kebudayaan berdasarkan pendapat teman-teman.

Sumber pustaka: Enok Maryani. 2003. Antropologi 3 SMU. Bandung: Grafindo Media Pratama.
close