photo lineviral_1.png

Perubahan-Perubahan Teknologi Manusia, Berdasarkan Lewis Henry Morgan

Perubahan Teknologi Manusia Menurut Lewis Henry Morgan Perubahan-Perubahan Teknologi Manusia, Menurut Lewis Henry Morgan
Perubahan-Perubahan Teknologi Manusia Menurut Lewis Henry Morgan Menurut E.B. Taylor (1871), kebudayaan yaitu keseluruhan yang kompleks termasuk didalamnya ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan lainnya, serta kudang kecepeasaan yang didapatkan insan sebagai anggota masyarakat.

Kebudayaan terdiri dari banyak sekali unsur yang saling terkait. Perubahan satu unsur akan mempengaruhi pada unsur lainnya. Salah satu unsur yang terdapat pada Kebudayaan ialah Teknologi, teknologi merupakan unsur kebudayaan yang sangat penting. Perubahan teknologi akan berpengaruhi pada unsur kebudayaan lain.

Teknologi yaitu tiruana cara dan alat yang dipergunakan insan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.


Teknologi insan terus berkembang dan mengalami perubahan dari waktu ke waktu, teknologi pada 100 tahun yang kemudian tentu jauh berbeda dengan teknologi insan pada masa kini. Lewis Henry Morgan (1963) mengemukakan perihal perubahan teknologi manusia, yang dibagi menjadi beberapa zaman, yaitu sebagai memberikankut.
  • Zaman liar bawah (lower savagery), yaitu semenjak insan ada dipermukaan bumi hingga ia mengenal bahasa.
  • Zaman liar tengah (middle savagery), yaitu ditandai dengan adanya kemampuan menciptakan api dan berakhir dengan adanya kemampuan insan menciptakan busur dan panah.
  • Zaman liar atas (upper savagery), yaitu dari mulai menciptakan busur dan panah hingga menemukan peralatan tembikar.
  • Zaman beradab bawah (lower barbarian), mulai dari kemampuan menciptakan tembikar hingga mengenal budidaya tumbuhan dan pemeliharaan hewan ternak.
  • Zaman beradab tengah (middle barbarian), mulai dari pengenalan budidaya tumbuhan dan hewan dan makhluk hidup hingga kemampuan bertani secara menetap dan mengenal sistem irigasi.
  • Zaman beradab atas (upper barbarian), mulai dari kemampuan menciptakan irigasi yang berarti pula sudah mulai mengenal pengolahan besi hingga mengenal sistem alfabet (huruf).
  • Zaman peradaban (civilization), ditandai dengan penggunaan bahasa goresan pena dan percetakan hingga sekarang.
Sumber pustaka: Enok Maryani. 2003. Antropologi 3 SMU. Bandung: Grafindo Media Pratama.
close