photo lineviral_1.png

Bentuk-Bentuk Pemerintahan

 Bentuk pemerintahan yaitu suatu istilah yang dipakai untuk merujuk pada rangkaian inst Bentuk-Bentuk Pemerintahan
Bentuk-Bentuk Pemerintahan Bentuk pemerintahan yaitu suatu istilah yang dipakai untuk merujuk pada rangkaian institusi politik yang dipakai untuk mengorganisasikan suatu negara guna menegakkan kekuasaannya atas suatu komunitas politik.

Bentuk pemerintahan pada masa Yunani kuno mengalami puncaknya. Para filsuf, menyerupai Aristoteles, beropini bahwa suatu bentuk pemerintahan digolongkan berdasarkan jumlah orang yang memegang kekuasaan. Diantaranya monarki, tirani, aristokrasi, oligarki, dan demokrasi, adapun klarifikasi dari ke lima bentuk pemerintahan tersebut ialah:

Monarki

Monarki yaitu bentuk pemerintahan yang pada awal kekuasaannya mengatasnamakan rakyat dengan baik dan dipercaya. Akan tetapi, dalam perjalanannya si penguasa (Raja) tidak lagi menjalankan pemerintahan untuk kepentingan umum dan justru menindas rakyat. Oleh karenanya, Monarki bergeser menjadi tirani.

Tirani



Saat pemerintahan tirani, timbullah pemberontakan dari kaum aristokrat dan pemerintahan diambil alih kaum aristokrat yang pada awalnya juga memerhatikan kepentingan umum. Akhirnya, pemerintahan tirani bergeser menjadi Aristokrasi.

Aristokrasi

Pada awalnya, aristokrasi memperhatikan kepentingan rakyat, lalu tidak lagi menjalankan keadilan dan hanya mementingkan diri sendiri dan kelompoknya sehingga pemerintahan aristokrasi bergeser ke oligarki.

Oligarki

Oligarki (bahasa yunani) yaitu bentuk pemerintahan yang kekuasaan politiknya secara dampak dan imbastif dipegang hanya oleh sejumlah elit kecil dari masyarakat, baik berdasarkan kekayaan, keluarga, atau militer. Sistem pemerintahan oligarki tidak mempunyai keadilan, lalu rakyat mengambil alih kekuasaan untuk memperbaiki nasibnya. Rakyat merebut kekuasaan negara demi kepentingan rakyat. Selanjutnya, pemerintahan oligarki bergeser ke demokrasi.

Demokrasi

Demokrasi yaitu bentuk kekuasaan negara tertinggi yang dipegang oleh rakyat dengan cara suatu pemilihan umum. Tujuan pemilu yaitu menentukan anggota DPR maupun kepala negara atau kepala pemerintahan. Demokrasi sesungguhnya terkait dengan pemenuhan hak asasi manusia. Setiap insan mempunyai hak untuk memberikan pendapat, berkumpul, berserikat, dan bermasyarakat. Dengan demikian demokrasi intinya memerlukan hukum main.

Plutokrasi

Plutokrasi yaitu sistem pemerintahan yang mengacu pada suatu kekuasaan atas dasar kekayaan yang mereka miliki. Sejarah mencatat bahwa keterlibatan kaum hartawan dalam politik kekuasaan berawal di kota Yanani, untuk lalu diikuti di tempat Genova Italia.

Emirat

Emirat yaitu sebuah wilayah yang dipimpin oleh seorang Emir. Contoh, Uni Emirat Arab yang merupakan sebuah negara yang terdiri dari 7 (tujuh) emirat federal yang masing-masing diperintah oleh seorang Emir.

Sumber pustaka:

  • Pendidikan K ewarganegaraan / penulis, Atik Hartati, Sarwono. — Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.
  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X semester 1 / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.--Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.
close