photo lineviral_1.png

Faktor Penentu Besarnya Honor Atau Upah

 Salah satu yang menjadi perberat sebelahan dalam mengambil atau mencari sebuah pekerjaan yakni  Faktor Penentu Besarnya Gaji atau Upah
Faktor Penentu Besarnya Gaji atau Upah Salah satu yang menjadi perberat sebelahan dalam mengambil atau mencari sebuah pekerjaan yakni besaran honor atau upah yang akan didapat setiap bulannya dari pekerjaan tersebut. Semua orang niscaya menginginkan memiliki honor atau upah yang tinggi sehingga kebutuhannya sanggup terpenuhi dari upah tersebut.

Akan tetapi, untuk mendapat pekerjaan dengan upah yang tinggi, seorang pekerja juga perlu meningkatkan kualitasnya. Peningkatan kualitas pekerja biasa dengan peningkatan skill yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang digeluti. Selain itu terdapat juga beberapa faktor yang bisa menjadi penentu besarnya honor atau upah.

Di negara yang menganut sistem pasar/liberal, tinggi rendahnya gaji/upah tergantung pada beberapa faktor antara lain sebagai memberikankut.

1. Jumlah seruan tenaga kerja


Artinya bila seruan tenaga kerja ludang kecepeh besar dari pencari kerja, maka biasanya gaji/upah pekerja tinggi dan sebaliknya. Ini sama dengan prosedur pasar terhadap barang, yakni jikalau seruan tinggi maka biasanya harga barang tersebut akan mahal.

2. Jumlah penawaran tenaga kerja
Artinya bila tenaga kerja jumlahnya ludang kecepeh besar dari lowongan kerja, maka biasanya gaji/upah pekerja rendah dan sebaliknya. Ini sama dengan prosedur pasar terhadap barang, yakni jikalau penawaran tinggi maka biasanya harga barang tersebut akan murah.

3. Kemampuan tenaga kerja
Artinya semakin tinggi tingkat pendidikan/produktivitas tenaga kerja, biasanya gaji/upah pekerja tinggi dan sebaliknya. Ini terkait dengan faktor penawaran. Biasanya tenaga kerja yang bermutu dan berkharisma tinggi jumlahnya sedikit, sedangkan permintaannya biasanya tinggi. Sesuai dengan prosedur pasar maka kondisi menyerupai ini akan mengakibatkan tingginya harga tenaga kerja tersebut.


Sumber pustaaka : Ekonomi 2 : Untuk Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI / penulis,Mimin Nur Aisyah, Hartatik Fitria R ; editor, Wahyu Muhammadi.-- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga:
close