photo lineviral_1.png

Keludang Kecepehan Bentuk Negara Kesatuan

 Negara kesatuan sering juga disebut sebagai negara unitaris Keludang kecepehan Bentuk Negara Kesatuan
Keludang kecepehan Bentuk Negara Kesatuan Negara kesatuan sering juga disebut sebagai negara unitaris, unity. Unitaris merupakan negara tunggal (satu negara) yang monosentris (berpusat satu), terdiri hanya satu negara, satu pemerintahan, satu kepala negara, satu dewan legislatif yang berlaku bagi seluruh wilayah negara. Hakikat negara kesatuan yang bergotong-royong yakni kedaulatan tidak terbagi-bagi, baik ke luar maupun ke dalam dan kekuasaan pemerintah sentra tidak dibatasi.

Dalam negara kesatuan organisasi bagian-bagian negara dalam garis-garis besarnya telah ditetapkan oleh pembentuk undang-undang pusat. dalam negara kesatuan, wewenang pembentuk undang-undang sentra ditetapkan dalam suatu rumusan yang umum dan wewenang pembentuk undang-undang yang ludang kecepeh rendah (lokal) tergantung pada tubuh pembentuk undang-undang pusat.

Berdasarkan hal tersebut di atas, dalam praktiknya negara kesatuan mempunyai keludang kecepehan-keludang kecepehan sebagai memberikankut.
  • Negara kesatuan secara struktural ludang kecepeh sederhana.
  • Bagi negara Indonesia, yang tingkat pendidikan masyarakatnya relatif belum merata, apabila terdapat kekurangan tenaga sangat menguasai dalam bidang pemerintahan maka kekurangan tenaga sangat menguasai tersebut sanggup disiapkan oleh pemeritah pusat.
  • Biaya personel ludang kecepeh murah, tetapi jalur birokrasi ludang kecepeh panjang dan relatif memakan waktu.
  • Relatif ludang kecepeh stabil untuk mengurangi kecemburuan kemajuan antardaerah, alasannya yakni bagi tempat yang kurang maju sanggup dimintakan anggaran dari sentra dan subsidi-subsidi lainnya.
  • Mengurangi timbulnya perilaku provinsialisme dan sparatisme.
Sumber pustaka: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X semester 1 / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.--Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.
close