photo lineviral_1.png

Pengertian Nebula Dan Bintang

 terdapat pula beberapa hal yang sanggup kita lihat di luar angkasa Pengertian Nebula dan Bintang
Pengertian Nebula dan Bintang Selain planet, galaksi, meteor, dan asteroid, terdapat pula beberapa hal yang sanggup kita lihat di luar angkasa. Beberapa hal tersebut ialah yang disebut dengan Nebula dan Bintang, bila anda sering menonton film yang bertemakan luar angkasa niscaya akan sering mendengar dua istilah tersebut. Apa bekerjsama yang dimaksud dengan Nebula dan Bintang? Berikut ini akan dijelaskan.

Nebula yaitu kabut atau awan debu dan gas yang bercahaya dalam suatu kumpulan yang sangat luas. Nebula banyak diyakini oleh para pakar sebagai suatu bahan cikal bakal terbentuknya suatu sistem bintang, menyerupai sistem bintang matahari atau disebut tata surya. Nebula yang dikenal, antara lain nebula Orion M42 pada rasi Orion dan Nebula Trifid pada rasi Sagitarius.


Sedangkan Bintang yaitu benda angkasa yang mempunyai cahaya sendiri. Salah satu bintang yaitu Matahari atau disebut Bintang Matahari (The Sun Star), nama-nama bintang lainnya, antara lain Bintang Polaris, Antares, Aldebaran, Sirius, Spica, Betelguese, Hidra, Pegasus, Phoenix, Carina, dan Vega.

Kelompok bintang-bintang yang membentuk teladan tertentu dan letaknya berdekatan disebut Rasi Bintang atau Konstelasi Bintang. Contohnya, rasi bintang Pari (Crux) yang merupakan kumpulan dari empat bintang yang letaknya berdekatan, yakni Bintang Alfa, Beta, Gamma, dan Delta. Selain rasi bintang Crux, nama-nama rasi bintang lainnya, antara lain rasi bintang Orion, Centauri, Ursa Mayor, Lyra, dan Aquilla.
Di sekitar ekliptika yang seakan-akan melingkari bola langit terdapat 12 rasi bintang yang disebut Zodiak. Dua belas Rasi bintang yang terdapat di sekitar ekliptika yaitu Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricornus, Aquarius, dan Pisces.

Dari klarifikasi singkat diatas maka sanggup lah kita ketahui bahwa nebula merupakan suatu awan atau kabut yang memancarkan cahaya dan mempunyai ukuran yang sangat luas, sedangkan bintang merupakan benda angkasa yang mempunyai cahaya sendiri. Contoh terdekat bintang yang sanggup kita amati ialah matahari.

Sumber pustaka: Geografi 1 Jelajah Bumi dan Alam Semesta : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah / penulis, Hartono; editor, Toni Kurniawan. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga ini:
close