photo lineviral_1.png

Pengertian Tata Surya (Solar System)

 Alam semesta memang tidak akan habis untuk dipelajari Pengertian Tata Surya (Solar System)
Pengertian Tata Surya (Solar System) Alam semesta memang tidak akan habis untuk dipelajari, banyak sekali penemuan-penemuan terbaru di bidang astronomi hampir sering kita dengar, yang terbaru ialah peneliti sedang meneliti perihal kehidupan yang terdapat pada salah satu planet yang ada pada sistem tata surya.  Pertanyaannya mungkinkah ada kehidupan lain selain di bumi?

Jika berbicara perihal tata surya niscaya yang terlintas dibenak kita ialah kumpulan planet yang mengelilingi sebuah bintang yang berjulukan matahari. Lalu, apa sebetulnya pengertian dari tata surya ini? Nah diberikut ini akan kita jelaskan mengenai pengertian dan benda-benda apa saja yang terdapat dalam sistem tata surya tersebut.


Tata surya atau sistem matahari ialah suatu sistem yang terdapat di jagat raya terdiri atas matahari sebagai pusatnya, planet-planet (termasuk Planet Bumi), satelit-satelit (misalnya bulan), asteroid, komet, meteor, debu, kabut, dan benda-benda lainnya sebagai anggota dari tata surya yang beredar mengelilingi pusatnya, yakni matahari pada orbit atau garis edarnya masing-masing.

Berdasarkan pengertian tersebut, dapatlah diduga bahwa bintangbintang yang lainnya pun kemungkinan besar mempunyai sistem ibarat tata surya dengan sentra dan lintasan orbit tertentu. Dalam arti lain, bukan mustahil setiap bintang mempunyai sistem bintang ibarat matahari, alasannya ialah matahari hanya merupakan satu dari miliaran bintang yang ada di jagat raya.


Benda-benda angkasa yang termasuk struktur utama dari sistem tata surya adalah:
  1. matahari (the sun);
  2. planet-planet (the planets);
  3. bulan (the moon) dan satelit lainnya;
  4. asteroid; dan
  5. komet.
Sumber pustaka: Geografi 1 Jelajah Bumi dan Alam Semesta : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah / penulis, Hartono; editor, Toni Kurniawan. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga ini:
close