photo lineviral_1.png

Pengertian Dan Cabang Ilmu Geografi Manusia

Pengertian dan Cabang Ilmu Geografi Manusia  Pengertian dan Cabang Ilmu Geografi Manusia
Pengertian dan Cabang Ilmu Geografi Manusia Pada postingan terberlalu dan silam kita telah membahas perihal satu dari tiga cabang ilmu dari geografi yaitu Geografi Fisik dimana geografi fisik ini mempelajari perihal  gejala fisik dari permukaan bumi yang meliputi tanah, air, udara dengan segala proses dan dinamikanya. Pada postingan kali ini kita akan membahas perihal cabang ilmu geografi memberikankutnya yang disebut dengan Geografi Manusia.

Menurut R. Bintarto Geografi ialah studi yang mempelajari kekerabatan kausal gejala-gejala di permukaan bumi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di permukaan bumi. Kajian secara fisik maupun yang meliputi makhluk hidup beserta permasalahannya. Kajian dilakukan melalui pendekatan keruangan, ekologi, regional untuk kepentingan, proses, dan keberhasilan program.


Dari namanya niscaya kita sanggup menebak bahwa geografi insan mempelajari perihal manusia, tapi apanya insan yang dipelajari oleh ilmu ini? Ternyata geografi insan mempelajari insan dalam ruang termasuk di dalamnya jumlah penduduk, penyebaran penduduk, dinamika penduduk, acara ekonomi, politik, sosial, dan budayanya.

Geografi insan terbagi menjadi beberapa cabang yaitu geografi penduduk, geografi ekonomi, geografi politik, dan demografi. Berikut ini klarifikasi dari cabang ilmu dari geografi insan tersebut:
  • Ilmu Ekonomi dan Geografi Ekonomi
  • Ekonomi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha insan untuk mencapai kemakmuran, gejala-gejalanya, dan kekerabatan timbal balik dari perjuangan tersebut. Adapun Geografi Ekonomi membahas bagai mana perjuangan insan mengeksploitasi sumber daya alam, menghasil kan barang dagangan, rujukan lokasi, dan persebaran dari suatu kegiatan industri.
  • Ilmu Politik dan Geografi Politik
  • Politik ialah kegiatan pada suatu negara yang bekerjasama dengan proses memilih tujuan-tujuan yang telah dipilih suatu negara dalam rangka menggapai tujuan yang akan dicapai oleh negara tersebut. Adapun Geografi politik mempelajari unit-unit politik, wilayah , perbatasan, serta ibu kota suatu region dengan unsur-unsur kekuatan nasional dan politik internasional.
  • Demografi dan Geografi Penduduk
  • Demografi ialah ilmu yang mempelajari keadaan dan dinamika perubahan-perubahan penduduk. Adapun Geografi Penduduk ialah cabang disiplin ilmu geografi yang mengemukakan variasi-variasi kualitas ruang dalam demografi dan nondemografi dari penduduk. Selain itu, Geografi Penduduk mempelajari konsekuensi-konsekuensi sosial dan ekonomi yang berasal dari rangkaian interaksi dengan suatu rangkaian khusus dari kondisi-kondisi yang terdapat di dalamnya dimemberikankan oleh unit atau suatu daerah.
Sumber pustaka: Geografi 1 Jelajah Bumi dan Alam Semesta : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah / penulis, Hartono; editor, Toni Kurniawan. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
close