photo lineviral_1.png

Macam-Macam Pertumbuhan Penduduk Dan Cara Menghitungnya

Macam Pertumbuhan Penduduk dan Cara Menghitungnya Macam-Macam Pertumbuhan Penduduk dan Cara Menghitungnya
Macam-Macam Pertumbuhan Penduduk dan Cara Menghitungnya Skefo : pada sensus penduduk tahun 2010 diketahui bahwa jumlah penduduk Indonesia berjumlah 237.641.334 jiwa, dibandingkan jumlah penduduk pada sensus tahun 2000 yang berjumlah 206.264.595 orang diketahui bahwa pertumbuhan penduduk di Indonesia pada 10 tahun sebanyak 15,37% atau rata-rata 1,54% per tahun.

Apa kekerabatan isu diatas dengan postingan ini? pada postingan kali ini kita akan membahas ihwal macam-macam pertumbuhan penduduk dan cara menghitungnya yang mungkin saja dipakai dalam perhitungan pertumbuhan penduduk diatas.

Pertumbuhan penduduk, yaitu angka yang mengatakan tingkat pertambahan penduduk per tahun dalam jangka waktu tertentu dinyata kan dengan persen. Pertumbuhan penduduk disebut juga dinamika penduduk. Pertumbuhan penduduk sanggup dibedakan menjadi tiga macam, yaitu pertumbuhan penduduk alami, pertumbuhan penduduk migrasi, dan pertumbuhan penduduk total.


1. Pertumbuhan penduduk alami (Natural Population Increase), yaitu pertumbuhan penduduk yang diperoleh dari selisih jumlah kelahiran dengan jumlah kematian. Pertumbuhan penduduk alami ini sanggup dihitung dengan rumus:
T = L – M
Keterangan:
T = jumlah pertumbuhan penduduk per tahun
L = jumlah kelahiran per tahun
M = jumlah tamat hidup per tahun
2. Pertumbuhan penduduk migrasi yaitu pertumbuhan penduduk yang diperoleh dari selisih jumlah migrasi masuk (imigrasi) dan jumlah migrasi keluar (emigrasi). Pertumbuhan penduduk migrasi ini sanggup dihitung dengan rumus:
T = I – E
Keterangan:
T = jumlah pertumbuhan penduduk per tahun
I = jumlah migrasi masuk per tahun
E = jumlah migrasi keluar per tahun

3. Pertumbuhan penduduk total (Total Population Growth) yaitu pertumbuhan penduduk yang dihitung dari selisih jumlah kelahiran dengan jumlah tamat hidup ditambah dengan selisih jumlah imigrasi dengan jumlah emigrasi. Pertumbuhan penduduk total ini sanggup dihitung dengan rumus:
T = (L – M) + ( I – E)
Keterangan:
T = Pertumbuhan penduduk per tahun
L = Jumlah kelahiran per tahun
M = Jumlah tamat hidup per tahun
I = Jumlah imigran (penduduk yang masuk ke suatu negara/wilayah untuk menetap) per tahun
E = Jumlah emigran (penduduk yang meninggalkan/ pindah ke wilayah/negara lain) per tahun

Sumber pustaka: Galeri pengetahuan sosial terpadu 2: SMP/MTs Kelas VIII/Sri Sudarmi, Waluyo, editor Maryanto. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Baca juga ini:
close