photo lineviral_1.png

Pengertian Dan Cabang Ilmu Geografi Teknik

Pengertian dan Cabang Ilmu Geografi Teknik  Pengertian dan Cabang Ilmu Geografi Teknik
Pengertian dan Cabang Ilmu Geografi Teknik Pada postingan sebelumnya kita telah membhas tetang dua dari tiga cabang ilmu geografi, yaitu Geografi Fisik dan Geografi Manusia. Cabang ilmu geografi menurut bidang kajiannya yang terakhir yang akan kita bahas pada postingan kali ini ialah Geografi Teknik, apa tolong-menolong pengertian geografi teknik itu? dan apa saja cabang ilmu dari geografi teknik tersebut? Berikut ini penjelasannya.

Geografi Teknik merupakan ilmu yang mempelajari cara-cara memvisualisasikan dan menganalisis data dan informasi geografis dalam bentuk peta, diagram, foto udara, dan gambaran hasil penginderaan jauh. Cabang ilmu Geografi Teknik yaitu sebagai memberikankut.

1. Kartografi, ialah ilmu dan seni menciptakan peta. Peta dibentuk dengan memakai hasil-hasil pengukuran dan pengumpulan data dari aneka macam unsur dipermukaan bumi yang telah dilakukan oleh surveyor, geograf, dan kartograf.

2. Penginderaan Jauh, ialah ilmu dan seni yang menghasilkan informasi mengenai objek, daerah, atau gejala. Dilakukan dengan menganalisis data yang diperoleh memakai alat. Tanpa adanya kontak eksklusif terhadap objek, daerah, atau tanda-tanda yang dikaji.
3. Sistem Informasi Geografis, ialah sistem informasi berbasis komputer dimana sanggup menyimpan, mengelola, memproses, menganalisis data geografis maupun nongeografis, serta menyediakan informasi dan grafis secara terpadu.

Sumber pustaka: Geografi 1 Jelajah Bumi dan Alam Semesta : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah / penulis, Hartono; editor, Toni Kurniawan. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
close