photo lineviral_1.png

Benda Pemuas Kebutuhan Berdasarkan Hubungannya Dengan Benda Lain

Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Hubungannya Dengan Benda Lain  Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Hubungannya Dengan Benda Lain
Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Hubungannya Dengan Benda Lain Setiap insan mempunyai kebutuhannya yang berbeda antara satu dengan yang lain, kebutuhan tersebut sanggup berupa barang atau jasa. Pada umumnya kita mengenal beberapa macam kebutuhan yang dikelompokkan menjadi empat golongan, yaitu Kebutuhan berdasarkan intensitas kegunaannya, kebutuhan berdasarkan sifatnya, kebutuhan berdasarkan waktu pemenuhannya, dan kebutuhan berdasarkan subjeknya.

Untuk memenuhi segala macam kebutuhan tersebut, kita memerlukan benda/barang dan jasa pemuas kebutuhan. Terdapat beberapa kelompok benda atau barang pemuas kebutuhan, salah satunya adalah benda pemuas kebutuhan berdasarkan hubungannya dengan benda lain. Berdasarkan kegunaan dalam hubungannya dengan barang lain, barang dan jasa pemuas kebutuhan dibedakan menjadi barang substitusi (menggantikan) dan barang komplementer (mekompliti).


Walaupun kedua benda tersebut merupakan benda pemuas kebutuhan, akan tetapi terdapat perbedaan antara keduanya, khususnya pada hal hubungannya dengan benda lain. Berikut ini klarifikasi dari kedua benda tersebut.

1. Benda substitusi
Benda substitusi yaitu benda yang pemakaiannya sanggup saling menggantikan atau barang yang mempunyai kegunaan untuk menggantikan barang lain. Misalnya kereta api sanggup menggantikan bus untuk alat transportasi darat, ketela sanggup menggantikan beras sebagai materi makanan, kopi sanggup digantikan teh untuk minum, dan pena sanggup digantikan pensil untuk menulis.
2. Benda komplemente
Benda komplementer yaitu barang yang mempunyai kegunaan untuk mekompliti barang lain. Barang tersebut akan mempunyai kegunaan dalam memenuhi kebutuhan manusia, jikalau dipakai secara bersama-sama. Misalnya motor tidak sanggup berjalan tanpa bensin, balpoint tidak sanggup dipakai untuk menulis jikalau tanpa tinta, teh dengan gula, CPU komputer dengan monitor, dan sepatu dengan kaos kaki.

Dari klarifikasi tersebut sanggup lah kita ketahui bahwa barang/benda subtitusi mmpunyai kekerabatan dengan benda lainnya dengan cara sebagai barang pengganti, sedangkan barangbenda komplementer mempunyai kekerabatan dengan benda lain sebagai barang/benda pekomplit.


Tolong disubscribe juga yah teman. :)


Sumber:
  • Ekonomi 1 : Untuk Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X/ Disusun Oleh Supriyanto, Ali Muhson; editor, Taupik Mulyadi. -- Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
  • Mengasah Kemampuan Ekonomi 1 : Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial / penulis, Bambang Widjayanto, Aristanti Widyaningsih, Heraeni Tanuatmodjo ; editor, Hufron Sofiyanto, Edi Sumadi Sadikin. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
close