photo lineviral_1.png

Benda Pemuas Kebutuhan Berdasarkan Kegunaannya (Utility)

Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Kegunaannya  Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Kegunaannya (Utility)
Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Kegunaannya (Utility) Selain benda ekonomi dan benda bebas, benda lainnya yang termasuk kedalam benda pemuas kebutuhan ialah benda konsumsi dan benda produksi. Sebenarnya benda konsumsi dan produksi merupakan termasuk kedalam benda ekonomi sebab kedua benda ini didapatkan dengan melaksanakan pengorbanan, biasanya dalam bentuk uang.

Kedua benda ini tergolong sebagai benda pemuas kebutuhan berdasarkan kegunaannya (Utility), sebab benda konsumsi dan benda produksi memiliki kesamaan yaitu sama-sama dipakai untuk memenuhi kebutuhan, akan tetapi ada yang membedakan kedua benda tersebut. Apa yang membedakannya? Berikut ini klarifikasi dari benda konsumsi dan benda produksi.

1. Benda konsumsi


Benda konsumsi yaitu benda yang eksklusif sanggup dipakai untuk memenuhi kebutuhan insan baik itu yang tahan usang maupun yang tidak tahan lama. Adapun tumpuan benda konsumsi yang tahan usang yaitu pakaian, rumah, mobil, tanah, dan lainnya; sedangkan yang termasuk ke dalam benda konsumsi yang tidak tahan usang ialah makanan dan minuman. Benda konsumsi juga disebut benda siap pakai, bisa dibilang juga bahwa benda konsumsi merupakan hasil dari benda produksi.

2. Benda produksi
Benda produksi yaitu barang yang secara tidak eksklusif dipakai untuk memenuhi kebutuhan insan sebab harus mengalami beberapa proses produksi, misalnya, benang menjadi kain.

Dari klarifikasi singkat diatas, sanggup kita ketahui bahwa walaupun sama-sama merupakan benda pemuas kebutuhan akan tetapi kedua benda tersebut berbeda berdasarkan kegunaannya. Benda konsumsi merupakan benda yang sanggup eksklusif dipakai atau siap pakai, sedangkan benda produksi merupakan benda yang melalui proses sebelum dipakai sebagai pemuas kebutuhan.


Sumber:
  • Ekonomi 1 : Untuk Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X/ Disusun Oleh Supriyanto, Ali Muhson; editor, Taupik Mulyadi. -- Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
  • Mengasah Kemampuan Ekonomi 1 : Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial / penulis, Bambang Widjayanto, Aristanti Widyaningsih, Heraeni Tanuatmodjo ; editor, Hufron Sofiyanto, Edi Sumadi Sadikin. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
close