photo lineviral_1.png

Benda Pemuas Kebutuhan Berdasarkan Cara Mendapatkannya

Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Cara Mendapatkannya  Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Cara Mendapatkannya
Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Cara Mendapatkannya Untuk memenuhi kebutuhan insan diharapkan benda berupa barang produksi maupun jasa. Barang yakni benda-benda yang berwujud, yang dipakai masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya atau untuk menghasilkan benda lain yang ada skornya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Terdapat aneka macam macam benda atau barang pemuas kebutuhan yang dikelompokkan berdasarkan cara memperolehnya atau mendapatkannya, berdasarkan kegunaannya, berdasarkan hubungannya dengan benda lain, dan berdasarkan proses produksinya.

Khusus untuk benda atau barang pemuas kebutuhan berdasarkan cara mendapatkannya sanggup dibagi menjadi dua jenis barang atau benda, yaitu benda atau barang ekonomi dan benda atau barang bebas. Kedua benda ini merupakan benda pemuas kebutuhan, akan tetapi yang membedakannya ialah dari cara mendapatkannya. Berikut ini klarifikasi dari kedua benda tersebut.

1. Benda atau Barang ekonomi  (Economic Goods)


Benda ekonomi yaitu benda pemuas kebutuhan yang untuk mendapatkannya perlu adanya pengorbanan sumber daya ekonomi. Pengorbanan ini biasanya dalam bentuk uang. Misalnya untuk mendapat sepatu baru, tidak sanggup mengambilnya begitu saja dari toko sepatu. Perlu sejumlah uang untuk membelinya.

2. Benda atau Barang Bebas (Free Goods)
Benda bebas yaitu benda pemuas kebutuhan yang cara mendapatkannya sanggup mengambil secara bebas, tidak perlu pengorbanan tertentu. Oleh alasannya yakni itu barang bebas tidak mempunyai “harga”. Hal ini sanggup terjadi mengingat barang tersebut tersedia dalam jumlah yang banyak di alam. Contohnya pasir di padang pasir, udara untuk bernafas pada umumnya, es di tempat kutub, air laut, dan sebagainya.

Dari klarifikasi singkat diatas sanggup kita ketahui bahwa benda ekonomi untuk mendapatkannya perlu melaksanakan pengorbanan berupa uang, sedangkan benda bebas untuk mendapatkannya tidak perlu pengorbanan tertentu alasannya yakni kebanyakan benda bebas sanggup didapatkan juga dengan bebas.


Sumber:
  • Ekonomi 1 : Untuk Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X/ Disusun Oleh Supriyanto, Ali Muhson; editor, Taupik Mulyadi. -- Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
  • Mengasah Kemampuan Ekonomi 1 : Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial / penulis, Bambang Widjayanto, Aristanti Widyaningsih, Heraeni Tanuatmodjo ; editor, Hufron Sofiyanto, Edi Sumadi Sadikin. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
close