photo lineviral_1.png

Faktor Penyebab Timbulnya Urbanisasi

 Pada umumnya kita mengenal istilah urbanisasi ialah perpindahan penduduk dari desa ke kot Faktor Penyebab Timbulnya Urbanisasi
Faktor Penyebab Timbulnya Urbanisasi Pada umumnya kita mengenal istilah urbanisasi ialah perpindahan penduduk dari desa ke kota atau dari kota kecil ke kota besar, akan tetapi terdapat juga beberapapengertian lainnya salah satunya berdasarkan sangat menguasai ekonomi. Menurut sangat menguasai ekonomi, urbanisasi ialah suatu perubahan struktural dari sektor pertanian (agraris) ke sektor non agraris. Misalnya seorang petani dari desa menjadi pedagang di kota-kota besar.

Secara umum, terdapat beberapa faktor yang menjadi alasan penyebab timbulnya urbanisasi. Faktor tersebut yaitu faktor penarik dan faktor pendorong, apa saja faktor penarik dan faktor pendorong tersebut? Berikut ini klarifikasi dari kedua faktor penyebab timbulnya urbanisasi tersebut.

1. Faktor Penarik
Kota selalu mempunyai daya tarik tersendiri bagi penduduk pedesaan, lantaran mempunyai peranan yang besar baik dalam perkembangan kebudayaan, pembaharuan,ekonomi, pendidikan, kesehatan, olahraga, hiburan, dan reciptaan. Oleh alasannya itu, penduduk desa yang tertarik dengan kota yaitu suatu hal yang lumrah.


Berikut beberapa alasan yang menarik penduduk untuk tiba ke kota antara lain:
  • Mudah untuk mendapat pekerjaan walaupun mempunyai keterampilan seadanya.
  • Kesempatan ntuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang ludang kecepeh tinggi terbuka luas.
  • Tingkat upah di kota ludang kecepeh tinggi.
  • Kehidupan ludang kecepeh lancar dengan tidak ada yang kurangnya banyak sekali fasilitas.
2. Faktor Pendorong
Keadaan desa-desa di Indonesia umumnya turut mempercepat timbulnya urbanisasi lantaran sifat kehidupan yang lambat dan diwarnai kemiskinan struktural. Dengan demikian banyak penduduk yang mengadu nasib ke kota-kota besar dengan banyak sekali alasan, antara lain sebagai memberikankut.
  • Pemilikan tanah-tanah garapan untuk pertanian semakin sempit.
  • Lapangan kerja makin terbatas.
  • Upah atau pendapatan didesa ludang kecepeh rendah.
  • Kurangnya akomodasi sosial seperti, pendidikan kesehatan, olahraga, reciptaan, dan hiburan.
  • Meningkatnya pengangguran jawaban pertambahan penduduk.
  • Tekanan etika istiadat.
  • Pesatnya perkembangan sarana transportasi dan komunikasi.
Itulah klarifikasi singkat mengenai faktor penyebab timbulnya urbanisasi, ternyata selain lantaran persoalan pekerjaan hal lain yang menciptakan orang banyak berpindah dari desa ke kota atau dari kota kecil ke kota besar ialah lantaran akomodasi dikota besar ludang kecepeh baik.

Sumber: Geografi : Untuk sekolah menengah umum kelas II/ Disusun Oleh Edi Setiawan, Gatot Harmanto; editor, Mamat Ruhimat, Ela Herawati. -- Bandung: Grafindo Media Pratama, 1999.

Baca juga ini:
close