photo lineviral_1.png

Hakikat Dan Asas Wawasan Nusantara

 Bagi bangsa Indonesia Wawasan Nusantara merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui Hakikat dan Asas Wawasan Nusantara
Hakikat dan Asas Wawasan Nusantara Bagi bangsa Indonesia Wawasan Nusantara merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui, alasannya dengan mempelajari serta memperluas wawasan kita terhadap nusantara maka kita akan tahu perihal luas serta beraneka ragamnya kebudayaan yang ada disetiap pulau dan kawasan di Indonesia. Selain itu dengan dengan wawasan nusantara, kita juga sanggup mengetahui cara pandang kita terhadap diri dan lingkungan disekitar.

Menurut Menurut Prof. Wan Usman, “Wawasan Nusantara yakni cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai Negara kepulauan dengan tiruana aspek kehidupan yang beragam.” Berarti dengan adanya pengetahuan perihal nusantara, kita sebagai bangsa Indonesia jadi ludang kecepeh tahu cara pandang kita mengenai diri dan tanah air, mulai dari wilayah yang terbentuk dari memberikanbu pulau sampai aspek kehidupan yang beragam.


Hakikat Wawasan Nusantara yakni keutuhan nusantara dalam pengertian cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup nusantara demi kepentingan nasional. Hal tersebut berarti bahwa setiap warga masyarakat dan aparatur negara harus berpikir, bersikap, dan bertindak secara utuh menyeluruh demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

Kita memandang bangsa Indonesia dengan Nusantara merupakan satu kesatuan. Jadi, hakikat Wawasan Nusantara yakni keutuhan dan kesatuan wilayah nasional. Dengan kata lain, hakikat Wawasan Nusantara yakni “persatuan bangsa dan kesatuan wilayah. Dalam GBHN disebutkan bahwa hakikat Wawasan Nusantara diwujudkan dengan menyatakan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.


Asas Wawasan Nusantara merupakan ketentuan atau kaidah dasar yang harus dipatuhi, ditaati, dipelihara, dan diciptakan demi tetap taat dan setianya komponen pembentuk bangsa Indonesia terhadap komitmen bersama. Jika asas Wawasan Nusantara diabaikan, komponen pembentuk komitmen bersama akan melanggar komitmen bersama tersebut yang berarti tercerai berainya bangsa dan negara Indonesia.

Adapun asas Wawasan Nusantara tersebut yakni kepentingan yang sama, keadilan, kejujuran, solidaritas, kerja sama, dan kesetiaan terhadap kesepakatan. Itulah yang menjadi asas dari wawasan nusantara yang harus dipastuhi, ditaati, dipelihara, dan diciptakan.

Sumber referensi: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
close