photo lineviral_1.png

Istilah-Istilah Yang Berafiliasi Dengan Aktivitas Industri

Istilah yang Berhubungan Dengan Kegiatan Industri Istilah-Istilah yang Berhubungan Dengan Kegiatan Industri
Istilah-Istilah yang Berhubungan Dengan Kegiatan Industri Industri merupakan acara ekonomi yang dilakukan oleh insan dalam mengolah materi mentah atau materi baku menjadi barang setengah jadi dan barang jadi, itulah mengapa acara industri ini juga biasa dikatakan sebagai acara manufacture. Dalam mendirikan sebuah industri perlu diperhatikan terludang kecepeh berlalu dan silam acara rancang bangkit dan perekayasaan industri.

Terdapat beberapa istilah yang berkaitan dengan acara industri yang biasa kita dengar. Istilah-istilah yang bekerjasama dengan acara industri tersebut yakni sebagai memberikankut.
  • Kegiatan ekonomi, yakni aktifitas insan yang bekerjasama dengan pemenuhan kebutuhan hidup yang bertujuan menghasilkan barang dan jasa.
  • Bahan mentah, yakni tiruana materi yang diperoleh dari sumber daya alam atau dari perjuangan insan untuk dimanfaatkan ludang kecepeh lanjut, misalnya, kapas, biji besi, kapur, dan kayu.
  • Bahan baku, yakni materi mentah yang diolah atau tidak diolah, dan sanggup dimanfaatkan sebaai sarana produksi dalam industri. Misalnya, benang untuk industri tekstil dan lempengan aluminium untuk industri alat-alat rumah tangga dan industri kendaraan bermotor (otomotif).
  • Barang setengah jadi, yakni materi mentah atau materi baku yang telah mengalami satu atau beberapa tahap proses industri dan sanggup diolah ludang kecepeh lanjut untuk menjadi barang jadi.
  • Barang jadi, yakni barang hasil industri yang sudah siap pakai untuk konsumsi final ataupun siap pakai sebagai alat produksi. Misalnya, pakaian hasil industri garmen (konveksi).
  • Kegiatan rancang bangun, yakni acara industri yang bekerjasama dengan perencanaan pendirian industri atau pabrik secara keseluruhan atau bagian-bagiannya.
  • Perekayasaan industri, yakni acara industri yang bekerjasama dengan perencanaan atau pembuatan mesin-mesin atau peralatan pabrik dan peralatan industri lainnya.
  • Manufacture, yakni acara mengolah materi mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi.
Sumber pustaka: Geografi : Untuk sekolah menengah umum kelas II/ Disusun Oleh Edi Setiawan, Gatot Harmanto; editor, Mamat Ruhimat, Ela Herawati. -- Bandung: Grafindo Media Pratama, 1999.

Baca juga:
close