photo lineviral_1.png

Sejarah Dan Tahap-Tahap Aktivitas Industri

 Industri merupakan aktivitas insan dalam hal mengolah sesuatu yang berupa materi mentah a Sejarah dan Tahap-Tahap Kegiatan Industri
Sejarah dan Tahap-Tahap Kegiatan Industri Industri merupakan aktivitas insan dalam hal mengolah sesuatu yang berupa materi mentah atau materi baku menjadi materi setengah jadi atau materi jadi yang siap pakai. Kegiatan industri ini dipercaya telah ada semenjak insan itu ada lantaran aktivitas industri itu tidak hanya mengolah materi baku menjadi materi jadi, akan tetapi aktivitas industri itu mencangkup tiruana aktivitas insan yang sifatnya produktif dan komersial.

Inti dari aktivitas industri intinya dilakukan oleh insan dengan tujuan untuk mempertahankan kehidupannya. Manusia jaman lampau, aktivitas industrinya sudah niscaya akan berbeda dengan insan pada dikala ini. Manusia jaman dulu, aktivitas industrinya terbatas kepada membelah dan meruncingkan batu, lalu diikatnya untuk dijadikan perkakas berburu.

Pada dikala ini jumlah dan perkembangan insan makin tinggi, sehingga menuntut insan untuk terus memenuhi kebutuhan hidupnya. Perkembangan jumlah dan pertumbuhan insan tersebut, juga berakibat kepada makin kompleksnya aktivitas perindustrian.
Menurut Rostow, pertumbuhan dan perkembangan aktivitas industri di dunia pada umumnya sanggup dikategorikan atas beberapa tahapan, adalah sebagai diberikut.
  1. Masyarakat tradisional (The traditional society)
  2. Prakondisi menuju tinggal landas (The precondition for take off)
  3. Masa tinggal landas (Take off)
  4. Menuju ke arah kedewasaan (The drive to maturity)
  5. Masyarakat berkonsumsi tinggi (The age of high mass consumption)
Sumber pustaka: Geografi : Untuk sekolah menengah umum kelas II/ Disusun Oleh Edi Setiawan, Gatot Harmanto; editor, Mamat Ruhimat, Ela Herawati. -- Bandung: Grafindo Media Pratama, 1999.

Baca juga:
close