photo lineviral_1.png

Kekuatan Dan Makna Ideologia

 Secara umum ideologi sanggup diartikan sebagai suatu kumpulan gagasan Kekuatan dan Makna Ideologia
Kekuatan dan Makna Ideologia Secara umum ideologi sanggup diartikan sebagai suatu kumpulan gagasan, ide, keyakinan, serta keyakinan yang bersifat sistematis yang mengarahkan tingkah laris seseorang dalam aneka macam aspek kehidupannya. Selain mempunyai beberapa fungsi, ideologi juga mempunyai kekuatan serta arti. Apa saja kekuatan dan arti ideologi? diberikut ini penjelasannya.

Kekuatan ideologi tergantung kepada kualitas tiga dimensi yang terdapat dalam ideologi tersebut, ialah sebagai diberikut.
  • Dimensi Realita
  • Nilai-skor dasar yang terkandung dalam ideologi tersebut secara riil hidup di dalam dan bersumber dari budaya dan pengalaman sejarah masyarakat atau bangsanya.
  • Dimensi Idealisme
  • Nilai-skor dasar ideologi tersebut mengandung idealisme yang memdiberikan asa masa depan yang ludang keringh baik melalui pengalaman di dalam praktik kehidupan sehari-hari secara bersama.
  • Dimensi Fleksibilitas (Pengembangan)
  • Ideologi tersebut mempunyai keluwesan yang memrangsang pengembangan pemikiran-pemikiran gres yang relevan dengan ideologi yang bersangkutan tanpa menghilangkan atau mengingkari jati diri yang terkandung pada skor-skor dasar tersebut.
Makna ideologi bagi suatu negara sanggup diartikan sebagai suatu keinginan dari negara tersebut.
  1. Ideologi mempunyai derajat yang tinggi sebagai skor hidup kebangsaan dan kenegaraan.
  2. Ideologi sanggup mewujudkan satu asas kerohanian pandangan dunia dan pandangan hidup.
Sumber pustaka: Pendidikan K ewarganegaraan / penulis, Atik Hartati, Sarwono. — Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.
close