photo lineviral_1.png

Fungsi Ideologi

 Menurut Soerjanto Poespowardojo dalam bukunya yang berjudul  Fungsi Ideologi
Fungsi Ideologi Menurut Soerjanto Poespowardojo dalam bukunya yang berjudul "Filsafat Ilmu Pengetahuan" (2000), disebutkan bahwa ideologi ialah konsep pengetahuan dan evaluasi yang secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami jagat raya dan bumi seisinya serta memilih perilaku dasar untuk mengolahnya.

Setiap bangsa memerlukan ideologi dalam setiap aspek kehidupan bernegara. Oleh karenanya, ideologi sangat memilih keberadaan suatu bangsa dan negara. Begitu suatu ideologi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga ideologi sanggup berfungsi sebagai memberikankut.
  • Struktur Kognitif, yaitu keseluruhan pengetahuan yang merupakan landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia serta kejadian-kejadian dalam alam sekitarnya.
  • Orientasi Pasar, yaitu ialah membuka wawasan sehingga memmemberikankan pengertian dan klarifikasi dan memperlihatkan tujuan di dalam kehidupan manusia.
  • Memmemberikankan norma-norma yang menjadi fatwa dan pegangan bagi seseorang atau masyarakat untuk melangkkah dan bertindak.
  • Memmemberikankan bekal dan jalan bagi seseorang atau masyarakat untuk menemukan keterangan dirinya.
  • Kekuatan yang bisa menyemangati dan mendorong seseorang atau masyarakat untuk menjalankan aktivitas dan mencapai tujuan.
  • Pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati, dan menciptakan contoh tingkah lakunya sesuai dengan orientasi dan norma-norma yang terkandung di dalamnya.
Sumber pustaka: Pendidikan K ewarganegaraan / penulis, Atik Hartati, Sarwono. — Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.
close