photo lineviral_1.png

Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka  Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka
Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka Pada umumnya terdapat beberapa ideologi atau dasar negara yang dianut oleh negara-negara di dunia, ideologi atau dasar negara tersebut ialah liberalisme, sosialisme, komunisme, fasisem, dan fundamentais. Ideologi atau dasar negara tersebut banyak dianut oleh negara-negara di dunia, berbeda dengan di Indonesia. Di Indonesia menganut ideologi yang disebut dengan ideologi Pancasila.

Seperti yang diketahui bersama, Pancasila merupakan simbol atau lambang negara yang sangat hormati oleh bangsa Indonesia, lantaran Pancasila merupakan simbol persatuan bangsa Indonesia dengan semboyannya "Bhineka Tunggal Ika" yang artinya walaupun berbeda-beda tetap satu juga.


Pancasila menjadi ajaran bagi bangsa dan negara Indonesia untuk menjalankan acara sehari-hari di segala aspek kehidupan. Untuk itu, Pancasila mempunyai sifat terbuka, fleksibel, dan tidak kaku (luwes) sehingga sanggup diterapkan di setiap generasi. Pancasila sebagai suatu ideologi terbuka telah memenuhi persyaratan kualitas tiga dimensi. Pengertian Pancasila sebagai ideologi terbuka yaitu sebagai diberikut.
  • Pancasila senantiasa bisa menyesuaikan perkembangan zaman tanpa harus mengubah skor dasarnya.
  • Pancasila mempunyai arti bahwa skor-skor dasar pancasila bisa dikembangkan sesuai tuntutan perkembangan zaman dan dinamika kehidupan bangsa Indonesia secara kreatif dan dinamis.
  • Pancasila bisa memdiberikan orientasi ke depan dengan menghendaki bangsa Indonesia untuk menyadari situasi dan kondisi dalam menghadapi abad globalisasi dan keetrbukaan dunia dalam segala kehidupan.
Sumber pustaka: Pendidikan Kewarganegaraan / penulis, Atik Hartati, Sarwono. — Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.
close