photo lineviral_1.png

Pengertian Dan Ciri Tempat Slum (Kumuh)

 Salah satu beresiko negatif dari urbanisasi bagi daerah perkotaan yaitu adanya daerah slum Pengertian dan Ciri Daerah Slum (Kumuh)
Pengertian dan Ciri Daerah Slum (Kumuh) Salah satu beresiko negatif dari urbanisasi bagi daerah perkotaan yaitu adanya daerah slum atau pemukiman kumuh. Seperti apa itu yang dikatakan sebagai daerah slum atau kumuh? Slum (baca: slam) atau pemukiman kumuh ialah suatu tempat pemukiman di kota yang terdiri atas bangunan-bangunan dengan kondisi tidak memenuhi syarat-syarat perumahan.

Apa saja syarat-syarat perumahan itu? Syarat-syarat perumahan yang tidak terdapat dalam daerah slum atau kumuh ialah lingkungan, kesehatan, dan fasilitas. Terdapat beberapa ciri-ciri yang sanggup dilihat dari daerah kumuh menurut syarat-syarat perumahan yang tidak dimiliknya, antara lain:
  1. Dihuni oleh warga yang berpenghasilan rendah.
  2. Kondisi perumahannya tidak memenuhi syarat.
  3. Kondisi kesehatan dan sanitasi yang rendah.
  4. Langkanya pelayanan kota, menyerupai air minum, kemudahan MCK (mandi, cuci, kakus), listrik, dan pemmenghilangkanan sampah.
  5. Tingkat kriminalitas tinggi.
  6. Emosi penduduknya tidak stabil.
  7. Pertumbuhannya tidak terencana, sehingga penampilan fisiknya tidak teratur dan tidak terurus.


Sumber referensi: Geografi : Untuk sekolah menengah umum kelas II/ Disusun Oleh Edi Setiawan, Gatot Harmanto; editor, Mamat Ruhimat, Ela Herawati. -- Bandung: Grafindo Media Pratama, 1999.

Baca juga ini:
close