photo lineviral_1.png

Pengertian Dan Penyebab Sedimentasi

 Sama halnya dengan pelapukan atau weathering dan pengikisan atau erosi Pengertian dan Penyebab Sedimentasi
Pengertian dan Penyebab Sedimentasi Sama halnya dengan pelapukan atau weathering dan pengikisan atau erosi, sedimentasi juga merupakan termasuk kedalam tenaga yang sifatnya merusak yang berasal dari luar bumi atau biasa disebut dengan tenaga eksogen. Sedimentasi disebut merusak alasannya ialah hasil dari sedimentasi ini akan merubah bentuk relief dari permukaan bumi. Nah, diberikut ini akan dijelaskan pengertian dan penyebab sedimentasi.

Sedimentasi ialah proses pengendapan batuan besar, kecil, halus dan materi sisa organik hasil kerja erosi yang diangkut oleh pedoman air, hembusan angin dan gelombang bahari di suatu tempat dalam kurun waktu yang lama. Sedimentasi merupakan salah satu tenaga eksogen yang turut memilih relief permukaan bumi. Bentukan-bentukan yang dihasilkannya tergantung pada media penyebabnya antara lain:

1. Sedimentasi oleh Air Sungai


Aliran air sungai membawa bahan-bahan padat hasil erosi dan diendapkan di sekitar pedoman sungai berupa bantaran sungai, yaitu daratan yang berada di sebelah kanan-kiri sungai; kipas aluvial, yaitu endapan sungai yang berbentuk kipas; dataran banjir (flood plain), terjadi apabila sungai meluap atau banjir, di kanan kirinya terdapat endapan yang datar; dan delta, yaitu bentukan sedimentasi di kepingan hilir sungai baik di danau ataupun di pantai.

2. Sedimentasi oleh Angin (Eolis)
Hembusan angin membawa bahanbahan padat yang diendapkan di tempat tertentu. Bentukan alam yang dihasilkannya berupa guguk pasir (sand dunes), yaitu bukit pasir yang rendah di tempat pantai atau gurun; dan barchans, yaitu homogen bukit pasir berbentuk bulan sabit yang lerengnya melandai menghadap ke arah datangnya angin.
3. Sedimen oleh Gelombang Laut
Gerakan gelombang membawa bahan-bahan hasil erosi dan diendapkan di sepanjang pantai. Bentukan alam yang dihasilkannya berupa beach, yaitu kumpulan puing kerikil karang di sekitar cliff; bar, yaitu endapan pasir di pantai yang arahnya me-manjang; dan tombolo, yaitu endapan pasir yang menghubungkan pulau dengan daratan induk.

Itulah klarifikasi singkat mengenai pengertian dan penyebab sedimentasi yang dikutip dari sumber yang telah tertera dibawah, supaya klarifikasi singkat ini sanggup menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai sedimentasi yang termasuk dalam tenaga perusak yang berasal dari luar bumi.

Sumber pustaka : IPS, Untuk Sekolah Menengah Pertama dan MTS kelas VII/ Budi Sanjaya, Farida Sarimaya, Iyus Andi Nugraha, Nanang Sukandar, Nian Tresnawati, Yeti Royeti ; editor, Dimas Handi Hijrah Saputra.—Jakarta : Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Baca juga:
close