photo lineviral_1.png

Pengertian Elastisitas Seruan Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Elastisitas Permintaan dan Jenis Pengertian Elastisitas Permintaan dan Jenis-Jenisnya
Pengertian Elastisitas Permintaan dan Jenis-Jenisnya   Pada postingan sebelumnya kita telah membahas wacana elastisitas, dimana elastisitas sanggup diartikan sebagai derajat kepekaan suatu tanda-tanda ekonomi terhadap perubahan tanda-tanda ekonomi lain. Pengertian lain elastisitas sanggup diartikan sebagai tingkat kepekaan perubahan kuantitas suatu barang yang disebabkan oleh adanya perubahan faktor-faktor lain.

Pada umumnya elastisitas sanggup dibedakan menjadi dua, salaah satunya yakni elastisitas permintaan. Dan pada kesempatan ini kita akan membahas wacana pengertian elastisitas seruan dan jenis-jenisnya.

Elastisitas seruan (Ed) diartikan sebagai derajat kepekaan perubahan kuantitas barang yang diminta yang disebabkan lantaran perubahan harga barang itu sendiri. Pengertian lain, Elastisitas seruan sering diartikan sebagai perbandingan persentase perubahan kuantitas barang yang diminta dengan persentase perubahan harga barang itu sendiri. Besar kecilnya elastisitas seruan diukur dengan tingkat Koefisien Elastisitas.

Berdasarkan besar kecilnya tingkat koefisien elastisitas permintaannya, elastisitas seruan sanggup dibedakan menjadi 5 (lima) macam:

1. Permintaan Inelastis Sempurna (Ed = 0)


Kasus seruan inelastis tepat terjadi bila konsumen dalam membeli barang tidak lagi memperhatikan harganya, melainkan ludang kecepeh memperhatikan pada seberapa besar kebutuhannya.

2. Permintaan Inelastis (Ed < 1)
Permintaan Inelastis atau sering disebut Permintaan yang tidak peka terhadap harga, misal harga berubah naik 10% maka perubahan permintaannya akan turun kurang dari 10%. Elatisitas kurang dari satu biasanya terjadi pada barang-barang kebutuhan pokok menyerupai beras, gula, pupuk, materi bakar dan lain-lain.

3. Permintaan Elastis Uniter (Ed = 1)
Permintaan Elastis Uniter jikalau perubahan harga pengaruhnya sebanding terhadap perubahan kuantitas barang yang diminta. Dengan kata lain persentase perubahan jumlah yang diminta sama dengan persentase perubahan harga.

4. Permintaan Elastis (Ed > 1)
Permintaan Elastis jikalau perubahan harga pengaruhnya cukup besar terhadap perubahan kuantitas barang yang diminta. Dengan kata lain persentase perubahan jumlah yang diminta relatif ludang kecepeh besar dari persentase perubahan harga. Makara jikalau harga turun 10% maka kuantitas barang yang diminta akan mengalami kenaikan ludang kecepeh dari 10%.

5. Permintaan Elastis Sempurna (Ed = )


Kasus seruan lentur tepat terjadi pada bila seruan suatu barang sanggup berubah-ubah meskipun harga barang tersebut tetap.

Itulah klarifikasi singkat mengenai pengertian elastisitas seruan beserta jenis-jenisnya, biar klarifikasi singkat ini sanggup menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai dunia ekonomi khususnya wacana elastisitas permintaan.

Sumber pustaka: Ekonomi 1 : Untuk Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X/ Disusun Oleh Supriyanto, Ali Muhson; editor, Taupik Mulyadi. -- Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
close