photo lineviral_1.png

Contoh Kebutuhan Rohani

 Pada umumnya setiap insan memiliki kebutuhan sendiri Contoh Kebutuhan Rohani
Contoh Kebutuhan Rohani Pada umumnya setiap insan memiliki kebutuhan sendiri-sendiri, kebutuhan ini kalau tidak terpenuhi akan sanggup mempengaruhi kelangsungan hidupnya. Kebutuhan insan ini tidak terbatas dan jumlahnya yang beragam, sehingga mustahil insan tersebut sanggup memenuhi tiruana kebutuhannya. Begitu kebutuhan satu terpenuhi maka akan muncul kebutuhan lainnya.

Saking banyaknya kebutuhan insan maka kebutuhan-kebutuhan tersebut dikelompokkan berdasarkan beberapa hal, salah satunya ialah pengelompokkan kebutuhan berdasarkan sifatnya. Dalam kebutuhan berdasarkan sifatnya terdapat dua jenis kebutuhan, yaitu kebutuhan jasmani yang telah kita bahas pada postingan sebelumnya dan kebutuhan rohani yang akan kita bahas kali ini beserta contohnya.

Sebenarnya kedua kebutuhan ini, jasmani dan rohani saling berkaitan dan harus diseimbangkan pemenuhannya alasannya terpenuhinya kebutuhan jasmani belum menjamin seseorang menjadi senang akan tetapi diseimbangkan dengan pemenuhan dari kebutuhan rohani. Nah apa itu kebutuhan rohani? Kebutuhan rohani yakni kebutuhan yang berkenaan dengan rohani.

Kebutuhan rohani juga biasa disebut dengan kebutuhan spiritual dan kebutuhan yang bersifat kejiwaan, kenapa demikian? lantaran kebutuhan ini tidak tampak secara nyata. Hanya orang yang bersangkutan yang mencicipi secara langsung. Jika kebutuhan ini terpenuhi insan merasa secara batiniah terpuaskan kebutuhannya dan dia akan merasa bangga, bahagia, senang ataupun perasaan gembira.
Terdapat beberapa pola dari kebutuhan rohani, antara lain yaitu membaca buku, menonton film, mendapat afeksi, hiburan, reciptaan, menjalankan ibadah, mendengarkan ceramah agama, mendengarkan wejangan atau nasihat wacana kecerdikan pekerti yang luhur, kebutuhan orang akan rasa aman, kebutuhan meyakini suatu agama atau iman tertentu, dan lain sebaginya.
close