photo lineviral_1.png

Pengertian Ideologi Berdasarkan Para Ahli

 Pengertian ideologi secara umum merupakan suatu kumpulan gagasan Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli
Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli Pengertian ideologi secara umum merupakan suatu kumpulan gagasan, ide, keyakinan, serta doktrin yang bersifat sistematis yang mengarahkan tingkah laris seseorang dalam banyak sekali aspek kehidupannya. Beberapa pendapat mengenai ideologi yang dikemukakan para sangat menguasai ialah sebagai memberikankut:

1. Hegel
Dalam bukunya "An Introduction to Hegel, Freedom, Truth and History" karangan Stephen Houlgate (2005), mensitir pendapat Hegel bahwa ideologi ialah produk kebudayaan dari suatu masyarakat. Dalam arti tertentu, ideologi merupakan manifestasi kenyataan sosial.

2. Soerjanto Poespowardojo


Dalam bukunya yang berjudul "Filsafat Ilmu Pengetahuan" (2000), disebutkan bahwa ideologi ialah konsep pengetahuan dan evaluasi yang secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami jagat raya dan bumi seisinya serta memilih perilaku dasar untuk mengolahnya.

3. Dr. Alfian
Dalam bukunya yang berjudul "Pemikiran dan Perubahan Politik Indonesia" (1980), Dr. Alfian beropini bahwa ideologi ialah pandangan atau sistem bilateral yang menyeluruh dan mendalam mengenai cara yang sebaiknya yaitu secara susila dianggap benar dan adil serta mengatur tingkah laris bersama dalam banyak sekali segi kehidupan.

4. Padmo Wijayono


Dalam bukunya yang berjudul "Bunga Rampi Sejarah - Sosial - Ekonomi" (2005), ia beropini bahwa ideologi ialah kesatuan yang bundar dan utuh dari ide-ide.

5. M. Sastrapratedja
Dalam tilisannya yang berjudul "Ide-Ide Menerobos" (2003), Sastrapratedja mepengertian dan penjelasani perihal ideologi ialah seperangkat gagasan atau pedoman yang berorientasi pada tindakan yang diorganisir menjadi sistem yang teratur.

Sumber pustaka: Pendidikan K ewarganegaraan / penulis, Atik Hartati, Sarwono. — Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.
close